326 Mitra MBKM Terima Sewaka Kerthi Mahawidya Nugraha ISI Denpasar

Nov 24, 2023 | Berita, Berita Kegiatan

Foto: Rektor ISI Denpasar Prof. Dr. I Wayan ‘Kun’ Adnyana dan jajaran berfoto bersama mitra MBKM penerima Penghargaan Sewaka Kerthi Mahawidya Nugraha dalam Pasamuan Widya Mahardika, Temu Mitra MBKM Tahun 2023, Rabu (22/11)

INSTITUT Seni Indonesia (ISI) Denpasar menganugerahkan Penghargaan Sewaka Kerthi Mahawidya Nugraha kepada 326 mitra Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) berdedikasi. Penghargaan diserahkan oleh Rektor ISI Denpasar, Prof. Dr. I Wayan ‘Kun’ Adnyana dalam Pasamuan Widya Mahardika, Temu Mitra MBKM Tahun 2023 di Gedung Citta Kalangen Lantai 3, Rabu, 22 November 2023.

Wakil Rektor Bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni sekaligus Ketua Panitia Pasamuan Dr. Drs. Anak Agung Gde Rai Remawa, M.Sn, mengatakan Penghargaan Sewaka Kerthi Mahawidya Nugraha merupakan bentuk apresiasi ISI Denpasar terhadap semangat, loyalitas dan dedikasi mitra dalam MBKM Tahun Akademik (TA) 2022/2023 dan 2023/2024. Mitra MBKM berdedikasi dipilih melalui evaluasi dan panel juri.  “Penghargaan ini untuk semua energi, bimbingan, monitoring, mentoring, keterampilan, dan ilmu pengetahuan yang telah diberikan mitra MBKM kepada mahasiswa,” ungkapnya.

Sebagaimana diketahui, Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) merupakan sistem pembelajaran yang diprogramkan pemerintah melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.  8 (delapan) program unggulan ditawarkan dalam MBKM, yaitu Pertukaran Pelajar, Magang/Praktik Kerja, Asistensi Mengajar di Satuan Pendidikan, Penelitian/Riset, Proyek Kemanusiaan, Kegiatan Wirausaha, Studi/Proyek Independen, Membangun Desa/Kuliah Kerja Nyata Tematik. Mahasiswa dapat memilih program yang diinginkan dan melakukan proses pembelajaran di luar kampus.

Foto: Mitra Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) dalam Pasamuan Widya Mahardika, Temu Mitra MBKM Tahun 2023, Rabu, (22/11)

Dr. Rai Remawa memaparkan, Program MBKM dilaksanakan selama 1 (satu) semester dan dapat diperpanjang. Pada semester gasal TA 2023/2024, program MBKM dimulai 28 Agustus 2023 hingga 20 Januari 2024. Total 880 mahasiswa telah mengikuti program MBKM yang terdiri dari peserta MBKM semester genap TA 2022/2023 459 mahasiswa dan semester gasal TA 2023/2024 421 mahasiwa. Program MBKM semester ganjil saat ini melibatkan 326 mitra MBKM berbedikasi. Jumlah ini naik dua kali lipat dibandingkan TA 2021/2022 sejumlah 131 mitra.

Rektor ISI Denpasar, Prof. Dr. I Wayan ‘Kun’ Adnyana dalam sambutannya nyampaikan terimakasih yang setinggi-tingginya atas dedikasi dan kontribusi seluruh mitra MBKM. ISI Denpasar telah memperoleh Anugerah MBKM Kategori Perguruan Tinggi Akademik dengan Persentase Jumlah Mahasiswa Terbanyak Mengikuti Program MBKM dari Kemdikbudristek pada Mei 2023. Pencapaian tersebut tidak terlepas dari kontribusi dan dedikasi mitra MBKM yang telah bersedia menerima dan berbagi ilmu pengetahuan dengan mahasiswa ISI Denpasar. “Jika bukan karena suasana kebatinan dan dedikasi yang sama, tidak mungkin kemitraan ini bisa terjalin. Dua tahun berjalan, hubungan ISI Denpasar dengan mitra MBKM tidak saja dalam konteks kemitraan tapi kami merasa memiliki keluarga ISI Denpasar yang semakin berkembang luas,” ujarnya.

Prof Kun Adnyana menambahkan, ISI Denpasar telah menerapkan skema pembelajaran lelaku dan spirit keempuan dalam pembelajaran seni, budaya dan desain. Skema ini dibangun atas 3 (tiga) fondasi lelaku dan spirit. Pertama, karya dan kekaryaan monumental, kedua, aktivisme sosial, ketiga, semangat pewarisan seni budaya dan desain. Tiga fondasi tersebut diperoleh mahasiswa dari pembelajaran dan penggalian makna keilmuan bersama mitra dalam program MBKM. “Pembelajaran itu akan menjadi catatan bersejarah yang tidak akan pernah terhapus dan selalu terkenang dalam perjalanan karier mahasiswa kami,” ungkapnya.

Foto: Rektor ISI Denpasar Prof. Dr. I Wayan ‘Kun’ Adnyana memberikan sambutan dalam Pasamuan Widya Mahardika, Temu Mitra MBKM Tahun 2023, Rabu, (22/11).

Dua mitra MBKM meberikan testimoni menganai pelaksanaan program MBKM ISI Denpasar dalam Pasamuan Widya Mahardika ini. Mereka, yakni Kepala SLB Negeri 2 Denpasar Ni Wayan Rapiyanti dan perwakilan CV Putri Bali Group (Konsultan Desain Arsitektur dan Interior) Christine Wijayanti.

Rapiyanti mengungkapkan rasa terima kasih kepada ISI Denpasar karena telah memilih sekolah yang dipimpinnya menjadi mitra program MBKM. Dia menyatakan beberapa siswa lulusan SLB Negeri 2 Denpasar kini sedang menempuh pendidikan di ISI Denpasar. Rapiyanti terkenang semangat salah satu mahasiswa ISI Denpasar, Manik Setiawati yang melaksanakan asistensi mengajar di SLB Negeri 2 Denpasar. Manik harus belajar bahasa isyarat untuk bisa membantu mengajar di sekolah untuk penyandang diasbilitas tersebut.

Senada dengan itu, Christine Wijayanti mengapresiasi pelaksanaan MBKM ISI Denpasar. Menurutnya, penting memberikan mahasiswa waktu magang yang cukup mengingat pekerjaan di bidang desain arsitektur dan interior ini memiliki proses yang cukup panjang, mulai dari proses desain hingga proses konstruksi. Dengan waktu magang 2 semester, mahasiswa bisa mengikuti proses pengerjaan suatu projek secara relatif utuh.

Christine juga menyatakan, program MBKM tidak hanya memberikan manfaat untuk mahasiswa, tapi juga untuk mitra. Para desainer di perusahaannya belajar untuk dapat menjelaskan kepada mahasiswa mengenai desain-desain yang dibuat serta eksekusinya saat proses pengerjaan atau konstruksi. “Selain mahasiswa, mitra MBKM ikut berkembang melalui program ini,” ujarnya. (ISIDps/Humas-Rara)

Foto: Mitra MBKM ISI Denpasar Christine Wijayanti memberikan testimoni Pasamuan Widya Mahardika, Temu Mitra MBKM Tahun 2023, Rabu, (22/11).

Berita Terkini

Kegiatan

Pengumuman

Artikel

KOMERSIALISASI PADA SENI PERTUNJUKAN BALI

Kiriman : Dr. Kadek Suartaya, S.S.Kar., M.Si. Abstrak Dinamika zaman yang terkait dengan gelombang transformasi budaya memunculkan perkembangan, pergeseran dan perubahan terhadap sendi-sendi kehidupan masyarakat Bali. Spesialisasi pada suatu bidang tertentu melahirkan...

Loading...