ANAGATA-ANDARU-LAHARI; Mahasiswa FSRD ISI Denpasar Gelar Diseminasi MBKM

Jul 10, 2023 | Berita, Berita Kegiatan

Program pameran karya seni dan desain sering dilakukan oleh dosen dan mahasiswa Fakultas Seni Rupa (FSRD) Institut Seni Indonesia Denpasar (ISI Denpasar). Pada akhir bulan Juni 2023 ini program penyebarluasan ide, gagasan dalam wujud karya visual mahasiswa dilaksanakan di ruang publik di Plaza Renon Mall Denpasar. Kegiatan ini disebut sebagai program diseminasi, yaitu rangkaian dari pelaksanaan Pogram Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) Semester VIII mahasiswa Fakultas Seni Rupa dan Desain Tahun 2023. Kegiatan diseminasi MBKM ini dilaksanakan secara regular setiap semester. Program MBKM memberikan kesempatan bagi mahasiswa belajara di luar kampus, dibimbing oleh mentor-mentor praktisi yang memiliki dedikasi dari berbagai Mitra Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) yang bereputasi. Dalam kegiatan ini mahasiswa mengenal dunia kerja, memasuki dunia profesi, dan terlibat dalam berbagai projek yang teraplikasi di masyarakat. Adapun rangkaiaan yang ditempuh mahasiswa untuk mengikuti program ini mencangkup proses pengajuan proposal, pelaksanaan MBKM selama tujuh belas minggu, penyusunan laporan, dan kegiatan diseminasi.

Tahapan diseminasi ini wajib dilaksanakan oleh mahasiswa peserta program MBKM Semester VIII untuk menyebarluaskan berbagai gagasan, ide, karya cipta, desain yang telah diwujudkan dalam program MBKM. Diseminasi menjadi ruang bagi mahasiswa dalam menyebarkan pengetahuan, keterampilan dan tekologi baru hasil studi mereka kepada dunia profesi dan masyarakat umum. Kegiatan diseminasi juga merupakan momentum bagi mahasiswa dan institusi untuk membuka diri, menerima berbagai apresiasi dan kritik dari masyarakat umum tentang hasil pembelajaran di fakultas bersama mitra industri, yang selanjutnya dapat dijadikan pijakan dalam mengevaluasi diri untuk melahirkan karya cipta serta program pembelajaran yang lebih bermutu pada diperiode berikutnya. Oleh karena itu, kali ini kegiatan diseminasi dilaksanakan di Mall Renon Plaza, sebuah ruang publik ternama di kota Denpasar yang menghadirkan berbagai venue berkumpul, berbelanja, hiburan yang sangat lengkap dan menarik, sehingga harapannya masyarakat umum lebih banyak dapat datang dan berkunjung untuk menikmati dan mengapresiasi hasil MBKM ini.

Kegiatan diseminasi periode ini bertajuk Anagata-Andaru-Lahari yang berarti “Mengarungi Samudra Pengetahuan-Menggapai Masa Depan Gemilang”. Kalimat ini memberikan pesan bahwa kunci masa depan yang cerah dan terang benderang adalah penguasaan ilmu pengetahuan. Setiap insan akademik harus berani terjun mengarungi dan menggali ilmu pengetahun yang luas bagaikan samudra sehingga gerbang masa depan yang cerah terbentang dihadapan kita. Oleh karena itu Program MBKM ini memberikan ruang dan kesempatan bagi mahsiswa untuk mengarungi samudra pengetahuan tersebut melalui projek-projek nyata yang tentunya dibimbing oleh mitra industri dan dosen-dosen pendamping.

Kegiatan pembukaan Diseminasi Program MBKM Semester Genap Tahun 2023 dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Akademik, Kemahasiswaan, dan Aumni; Perwakilan Manajeman Plaza Renon Mall; Dosen Pendamping MBKM; perwakilan Mitra Industri MBKM dan seluruh mahasiswa peserta diseminasi. Wakil Rektor bidang Akademik, Kemahasiswaan, dan Alumni ISI Denpasar, Bapak Dr. A.A. Rai Remawa, M. Sn dalam sambutannya menyampaikan bahwa lembaga sangat menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan ini. Lebih-lebih kegiatan ini dilaksanakan di luar kampus, yakni di sebuah Mall ternama di Kota Denpasar. Pilihan ini sangat tepat dan sejalan dengan tujuan diseminasi. Oleh karena itu salam sambutannya, Wakil Rektor menyampaikan ucapan terima kasih yang sangat mendalam kepada pihal Plaza Renon Mall yang memberi kesempatan kepada Fakultas Seni Rupa dan Desain ISI Denpasar menyelenggarakan kegiatan di tempat ini. Beliau berharap mudah-mudahan apa yang disuguhkan kali ini memberikan nilai kebermanfaatan dan pengalaman baru bagi proses pembelajaran, serta memberikan sumbangsih pengetahuan baru kepada masyarakat umum.

Dalam dideminasi ini, Dr. I Made Pande Artadi selaku Ketua Panita melaporkan bahwa perserta kegiatan diseminasi berjumlah 25 orang yang terdiri dari 5 orang mahasiswa Program Studi (Prodi) Seni Murni; 7 orang dari mahasiswa Prodi Desain Komunikasi Visual; 2 orang dari Prodi Desain Mode; 1 orang dari Prodi Desain Interior; 5 orang dari Prodi Fotografi; dan 5 orang dari Prodi Film dan Televisi. Adapun program pilihan yang ditempuh mencakup program Magang, Wirausaha, dan program Studi Projek Independen. Dilaporkan pula bahwa kegiatan diseminasi ini dirangkai dengan acara Wicara Rupa sebuah sajian talkshow dengan topik MBKM yang dibawakan oleh adik-adik mahasiswa peserta, Alumni dan dosen Fakultas Seni Rupa dan Desain. Disamping hal tersebut dalam kegiatan ini juga menampilkan live music, Performing Art dan Transhow yang digagas dan di persiapkan oleh adik-adik Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMP). Kegiata Diseminasi berlangsung selama tiga hari, yakni dari tanggal 27 sampai dengan 29 Juni 2023.

Berita Terkini

Kegiatan

Pengumuman

Artikel

KOMERSIALISASI PADA SENI PERTUNJUKAN BALI

Kiriman : Dr. Kadek Suartaya, S.S.Kar., M.Si. Abstrak Dinamika zaman yang terkait dengan gelombang transformasi budaya memunculkan perkembangan, pergeseran dan perubahan terhadap sendi-sendi kehidupan masyarakat Bali. Spesialisasi pada suatu bidang tertentu melahirkan...

Loading...