NILAI SENI DALAM KARYA KARAWITAN “GERAUSCH”

Dec 27, 2019 | Artikel

Kiriman : I Gede Putu Resky Gita Adhi Pratista (Program Studi Seni, Program Magister, Program Pascasarjana Institut Seni Indonesia Denpasar)

Abstrak

Karya musik Gerausch merupakan sebuah karya musik yang memberikan nuansa baru dalam penciptaan seni karawitan. Karya tersebut berakar dari pemahaman bahwa seni tidak selalu indah. Berdasarkan konsepsi tersebut, maka disusun karya musik yang berlandaskan pada bunyi bising. Asosiasi penikmat musik secara umum bahwa bising tersebut tidak enak untuk didengar. Namun asosiasi tersebut dipatahkan dengan hadirnya musik Gerausch. Bunyi yang bising dapat disusun menjadi musik dan dapat diapresiasi sebagai sebuah karya seni. Penilaian terhadap karya tersebut dapat dilakukan dengan dua aspek nilai seni, yakni nilai intrinsik dan nilai ekstrinsik. Penilaian secara intrinsik pada karya tersebut mengenai aspek formal bentuk karya yang terindera atau intramusikal. Sedangkan penilaian secara ekstrinsik mengenai aspek diluar musik atau ekstramusikal, yang melatarbelakangi terciptanya karya musik Gerausch. Melalui kedua aspek penilaian karya seni tesebut maka dapat diperoleh hasil analisis yang menyeluruh pada karya musik Gerausch.

Kata Kunci: Gerausch, Karawitan, Musik, Nilai.

 

Selengkapnya dapat unduh disini

Berita Terkini

Kegiatan

Pengumuman

Artikel

KOMERSIALISASI PADA SENI PERTUNJUKAN BALI

Kiriman : Dr. Kadek Suartaya, S.S.Kar., M.Si. Abstrak Dinamika zaman yang terkait dengan gelombang transformasi budaya memunculkan perkembangan, pergeseran dan perubahan terhadap sendi-sendi kehidupan masyarakat Bali. Spesialisasi pada suatu bidang tertentu melahirkan...

Loading...