ISI Denpasar Bawakan Sendratari Ratu Ayu Mas Membah Dalam PKB ke-44

Jun 14, 2022 | Berita

Cuplikan garapan yang dibawakan Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar dengan lakon Ratu Ayu Mas Membah pada Minggu (12/6/2022) malam. ANTARA/HO-ISI Denpasar.

Denpasar (ANTARA) – Institut Seni Indonesia Denpasar membawakan pergelaran sendratari (seni drama dan tari) berlakon Ratu Ayu Mas Membah dengan paduan artistik tradisi, lakon mitos dan kekuatan teknologi, dalam ajang pergelaran perdana Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-44.

Sendratari dengan lakon Ratu Ayu Mas Membah ini menampilkan narasi mitologis tentang kemuliaan dan kesucian Danau Batur,” kata Rektor ISI Denpasar Prof Dr Wayan Kun Adnyana dalam keterangan tertulisnya di Denpasar, Senin.

Penampilan ISI Denpasar pada malam pertama PKB sangat mempesona undangan dan ribuan penonton yang hadir memenuhi tempat duduk Panggung Terbuka Ardha Candra, Taman Budaya Provinsi Bali, pada Minggu (12/6) itu.

Sebanyak 200-an seniman, dari penari, penabuh, gerong, dalang, dan narator, serta penata lampu dan video, tampil padu, saling menguatkan. Sekaligus berhasil mencipta tempo artistik yang memukau. Banyak adegan yang mendapat respons tepuk tangan penonton.

Prof Kun Adnyana menambahkan, garapan tersebut dikreasi dengan memadukan kekuatan tari, ritmis gamelan, mistis gending dan tembang, juga gemerlap tata lampu, efek asap buatan, efek bunyi elektronik, dan teknologi video.

“Lakon yang mengisahkan nun jauh di masa lalu, kala Gunung Batur purba meletus. Menjadikan Tampur Hyang mengambil jalan tapa semadi memohon anugerah Bhatara Indra,” ujarnya pada acara yang juga disaksikan Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian, Menteri Parekraf Sandiaga Uno, Gubernur Bali Wayan Koster, dan pejabat daerah Bali lainnya.

Bhatara/Dewa Indra kemudian mencipta Danau Batur, dan mengamanatkan agar air jernih menyejukkan kehidupan ini dibagi ke seluruh penjuru Bali. Ratu Ayu Mas Membah/Mbah membagi air, bertemu kawula dan prajuru negari.

Guru Besar Sejarah Seni Rupa itu melanjutkan, dalam perjalanan membagi air Batur, Ratu Ayu Mas Mbah mengalami banyak godaan, hingga bertriwikrama menjadi sosok tua renta. Kemudian menciptakan tiga danau untuk menggenapi Danau Batur, yakni: Danau Buyan, Tamblingan, dan Beratan.

“Empat sumber mata air abadi itu yang menghidupi dan penyembuh peradaban Bali; Catur Kumbha Mahosadhi,” ujar Dr Ketut Kodi selaku dalang tunggal pergelaran itu.

Adegan penutup, benar-benar menjadi puncak yang mengesankan, Ratu Ayu Mas Membah dari sosok renta menyempurna sebagai jelita sempurna dalam prabawa Dewi Danu.

Babak akhir ini ditata berkarisma dengan penampilan Sadyang Panji, tiga barong purbawi, naga raksana, dan juga tata cahaya dan efek bunyi elektronik yang mengesankan.

Rektor ISI turun langsung bersama direktur artistik Dr Ketut Suteja, Ketua Produksi Dr Made Arsiniwati, pengarah Prof Komang Sudirga, koreografer Surya Negara, Adi Gunarta, Bang Sada, Komang Sri Wahyuni, Wayan Suartini, dan Tjok Istri Padmini.

Sementara komposisi gamelan dipandu komposer Dr Ketut Garwa, Nyoman Kariasa, Diana Putra, Nyoman Parta, Nyoman Mariana, Nyoman Sudina, dan Andika Putra.

Selain karena penguasaan gerak tari yang mumpuni dari kalangan dosen seperti Made Sidia, Ida Wayan Satyani, Wayan Sutirta, juga didukung penuh talenta muda mahasiswa sarjana dan pascasarjana ISI Denpasar.

Penampilan juga disempurnakan tembang gerong, tata kostum, rias karakter, dan properti pertunjukan.

Desainer kostum, properti, video, tata panggung, gerong, narator dan tandak, serta tata rias diterjunkan dari dosen lintas fakultas.

Mereka itu yakni Anom Mayun Konta, Cok Alit Artawan, Ayu Ketut Putri Rahayuning, Bagus Hari Kayana, Sekar Marheni, Made Astari, Ngurah Dwijaksara, Bagus Bratanatyam, Ngurah Sudibia, Sutapa, Manik Suryani, Agung Swandewi, Nyoman Kasih dan Sulistyawati.

Direktur artistik Dr Ketut Suteja menjelaskan, pergelaran hasil kolaborasi ISI Denpasar dengan Komunitas Usadhi Lango ini dipersiapkan selama kurang lebih tiga bulan.

Proses penciptaan karya dimulai dengan penyusunan skenario yang diarahkan oleh Ratu Begawan Putra Nawawangsa, latihan sektoral, dan gelar gabungan.

Seluruh undangan dan ribuan penonton haru dan bahagia menonton pergelaran, mengingat di awal acara sempat turun gerimis, jelang dimulai rembulan rekah dan langit benderang sampai akhir acara.

“Patapakan atau topeng Ratu Ayu Mas Mbah memang merupakan topeng yang disakralkan, sejak pertama dipergelarkan pada acara Nuwur Kakuwung Ranu di jaba Pura Segara Danau Batur, kerja sama ISI Denpasar dengan Yayasan Puri Kauhan Ubud,” ujar Jero Mangku Adi, pamangku Pura Padma Nareswara ISI Denpasar itu.

Sumber : https://bali.antaranews.com/berita/282965/isi-denpasar-bawakan-sendratari-ratu-ayu-mas-membah-dalam-pkb-ke-44

Berita Terkini

Kegiatan

Pengumuman

Artikel

KOMERSIALISASI PADA SENI PERTUNJUKAN BALI

Kiriman : Dr. Kadek Suartaya, S.S.Kar., M.Si. Abstrak Dinamika zaman yang terkait dengan gelombang transformasi budaya memunculkan perkembangan, pergeseran dan perubahan terhadap sendi-sendi kehidupan masyarakat Bali. Spesialisasi pada suatu bidang tertentu melahirkan...

Loading...