Pembuatan Kober Penawasangan Prodi Kriya ISI Denpasar di Pura Dalem Desa Adat Serongga Gianyar

Dec 13, 2021 | Berita

Dalam implementasi pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, dosen-dosen Prodi Kriya Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Seni Indonesia Denpasar, mengadakan pengabdian kepada masyarakat di Pura Dalem Desa Adat Serongga Gianyar, Sabtu 11 Desember 2021. Kegiatan pengabdian masyarakat ini diisi dengan pembuatan uparengga kober penawasangan yang akan digunakan di pura tersebut menjelang piodalan yang akan berlangsung pada hari Purnama 18 Desember 2021. Pemangku Pura Kayangan Dalem Desa Adat Serongga, Drs. I Kadek Mertanadi, M.Si. (55 tahun) menyambut positif program kegiatan dosen-dosen Prodi Kriya ISI Denpasar. Karena kegiatan ini dapat membantu melengkapi piranti uperengga menjelang piodalan di pura tersebut.
Ketua panitia sekaligus prejuru pura Drs. I Ketut Astawa Suyasa (63 tahun) juga mengucapkan terimakasih kepada Prodi Kriya ISI Denpasar atas pelaksanaan program PKM ini. Beliau berharap kedepan program pengabdian ini bisa berlanjut. Kegiatan ini dinilai positif karena dapat membantu krama dan tidak bisa dinilai dari segi materi dan juga sebagai program pelestarian budaya kearifan lokal.
Dr. Drs. I Wayan Suardana, M.Sn, wakil dosen Prodi Kriya ISI Denpasar pada kesempatan itu menjelaskan kegiatan pengabdian masyarakat ini melibatkan 20 orang dosen dan dilakukan rutin persemester pada tempat dan program yang berbeda. Kegiatan pengabdian Prodi Kriya ini dihadiri oleh Wakil Rektor ISI Denpasar Dr. Drs. I Ketut Muka, M.Si. Pengabdian Prodi Kriya di Pura Dalem Desa Adat Serongga ini juga dilengkapi dengan penanaman pohon kemiri (tingkih) di sekitar setra pura tersebut. Buah kemiri digunakan sebagai sarana upacara.dalam Agama Hindu di Bali. Pada pengabdian tersebut juga dilakukan penyerahan alat-alat bantu kebersihan.

Pewarta: I Wayan Mudra

Berita Terkini

Kegiatan

Pengumuman

Artikel

KOMERSIALISASI PADA SENI PERTUNJUKAN BALI

Kiriman : Dr. Kadek Suartaya, S.S.Kar., M.Si. Abstrak Dinamika zaman yang terkait dengan gelombang transformasi budaya memunculkan perkembangan, pergeseran dan perubahan terhadap sendi-sendi kehidupan masyarakat Bali. Spesialisasi pada suatu bidang tertentu melahirkan...

Loading...