INTITUT SENI INDONESIA (ISI) DENPASAR, PEMPROP. BALI DAN MITRA MBKM, BERKOLABORASI MEMBUAT PERENCANAAN TAMAN MINI INDONESIA DI SLUPH, GDANSK, POLANDIA.

Aug 15, 2023 | Berita, Berita Kegiatan

Foto: Upacara Nasarin (peletakan batu dan bata dasar) pada Candi Bentar yang dibangun di kawasan Taman Mini Indonesia di Dolina Charlotty, Slupsk, Gdansk Polandia, oleh Wakil Gubernur dihadiri Duta Besar Indonesia untuk Polandia dan Duta Besar Polandia untuk Indonesia serta Pejabat Terkait.


Kerjasama ISI Denpasar yang telah dirintis selama dua tahun belakangan ini, telah mulai menampakan hasil dengan diadakannya upacara peletakan batu dasar (nasarin) bangunan candi di Kawasan Taman Mini Indonesia, Dolina Charlotty Slups, Gdansk, Polandia.  

Lawatan pimpinan ISI Denpasar pada peninjauan proses pembangunan Gapura (Candi Bentar Bali) dari tanggal 3-9 Agustus yang didahului dengan nasarin (peletakan batu dasar candi) telah berjalan dengan lancar. Peletakan batu dasar ini dilakukan oleh Wakil Gubernur Bali Prof.Dr.Ir.Cokorda Artha Ardana Sukawati, MSi., Wakil Rektor Bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni ISI Denpasar dan undangan penting lainnya, pada hari Sabtu 5 Agustus 2023, pukul 16.30 waktu  setempat.

Wakil Rektor Bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Anak Agung Gede Rai Remawa pada saat itu ditugaskan Rektor ISI Denpasar Prof. Dr.I Wayan Adnyana, SSn.,MSn., untuk menghadiri acara penting tersebut. Undangan dari Bali dan Jakarta lainnya adalah Mitra MBKM ISI Denpasar yaitu Racana Design yang dihadiri langsung oleh Direkturnya Bapak Ir. I Kadek Sosiawan, SSn., M.Ars. dan Perwakilan dari Taman Mini Indonesia Indah Bapak Dwi Atmojo.

Upacara peletakan batu dasar (nasarin) bangunan candi ini dihadiri juga undangan VIP seperti; Duta Besar Indonesia untuk Polandia di Warsawa, Ibu Anita Lidya Luhulima, Duta Besar Polandia untuk Indonesia di Jakarta, Ibu Beata Stoczynska, Indonesian Honorary Consul in Gdansk Bapak Miroslaw Wawrowski, Honorary Consul of Poland in Bali, Deputy Marshall of Pomerania, Mayor Slupsk, Mayor Ustka, Mayor Darlowo dan Mayor Leba, serta undangan pejabat lainnya.

Perencanaan Taman Mini Indonesia di kawasan Dolina Charloty, Slupsk, Gdansk Polandia ini digagas Indonesian Honorary Consul Bapak Miroslaw Wawrowski sekaligus sebagai pemilik Dolina Charlotty Resort & Spa sejak tahun 2022. ISI Denpasar berkolaborasi dalam perencanaan Pintu masuk utama dan anjungan Bali. Pintu masuk utama (gate) Taman Mini Indonesia yaitu bangunan Gapura (Candi Bentar Bali) dan anjungan Rumah Tradisional Bali, Wantilan, Art Shop, Pura beserta beberapa bangunan pendukung lainnya.

Di Kawasan ini juga akan dibangun berbagai rumah tradisional Nusantara seperti; rumah tradisional Jawa, Lombok, Sumatra, Sulawesi, Kalimantan, Sumba, Flores dan Papua. Pada acara peletakan batu dasar (nasarin) ini juga diiringi dengan beberapa tarian Bali yang didatangkan dari kedutaan Indonesia di Jerman, devile Bali yang diikuti oleh pekerja Bali di Jerman dan Polandia.

Foto : Prosesi saat upacara Nasarin dan wawancara dengan media Polandia

Pada tanggal 6-7 Agustus 2023 dilanjutkan dengan kunjungan ke lokasi pada kawasan tersebut untuk memastikan posisi interior arsitektur tradisional Bali  pada lokasi yang sesungguhnya. Lay out Rumah tradisional Bali dipastikan lokasi dan kontur tanah di tempat tersebut untuk meminimalisir berbagai permasalahan pada saat pembangunannya.

Target rumah tradisional Bali dicanangkan selesai pada tahun 2024. Bangunan lainnya seperti Padmasana dan Borobudur akan dilanjutkan kemudian setelah rumah tradisional Bali selesai diwujudkan. Pada tanggal 7 Agustus juga diadakan pembahasan tentang keberlanjutan rencana MBKM mahasiswa ISI Denpasar  apabila Prasarana utama seperti bangunan Wantilan telah selesai dibangun. Hal ini menjadi pertimbangan agar pementasan dan kreasi mahasiswa yang akan diciptakan pada saat ber MBKM bisa terwadahi diseminasinya dalam pementasan seni pertunjukan,  seni rupa dan desain.

Berita Terkini

Kegiatan

Pengumuman

Artikel

KOMERSIALISASI PADA SENI PERTUNJUKAN BALI

Kiriman : Dr. Kadek Suartaya, S.S.Kar., M.Si. Abstrak Dinamika zaman yang terkait dengan gelombang transformasi budaya memunculkan perkembangan, pergeseran dan perubahan terhadap sendi-sendi kehidupan masyarakat Bali. Spesialisasi pada suatu bidang tertentu melahirkan...

Loading...