ISI Denpasar Raih 10 Juara dalam FKI+ XII Tahun 2023

Oct 30, 2023 | Berita, Berita Kegiatan

Foto: Rektor ISI Denpasar Prof. Dr. I Wayan ‘Kun’ Adnyana bersama mahasiswa peraih juara Parama Patra Pawimba (Lomba Nasional) pada penutupan FKI+ XII 2023, Jumat, 27 Oktober 2023 di Gedung Natya Mandala, ISI Denpasar.

INSTITUT Seni Indonesia (ISI) Denpasar (Bali) berhasil merebut sepuluh juara dari 11 tangkai lomba dalam Parama Patra Pawimba (Lomba Nasional) serangkaian Festival Kesenian Indonesia+ (FKI+) XII Tahun 2023. Lomba diselenggarakan di ISI Denpasar – Bali, Selasa, 24 Oktober 2023. Dari sepuluh juara, kampus seni terbesar di Bali ini meraih juara I pada dua tangkai lomba, yakni Juara I Lomba Fotografi melalui karya Putu Wahyu Widnyana. Satu lagi, Juara I Lomba Poster karya Raina Wijaya. Mereka merupakan mahasiswa Fakultas Seni Rupa dan Desain, ISI Denpasar.

Wahyu Widnyana mengadu karya foto berjudul “Menyatukan Perbedaan di Dalam Keberagaman Keindahan Budaya”. Dalam karyanya ini, Wahyu berhasil menggambarkan kekayaan keragaman budaya Indonesia dengan indah melalui model berbaju adat dari berbagai suku-suku di negeri ini. Karya fotonya menghadirkan visual yang memikat, mempertontonkan kekayaan ragaman budaya Indonesia, sekaligus menyuguhkan pesan betapa mulai persatuan dalam rancak perbedaan.

Sementara itu, karya Raina Wijaya juga sarat pesan tentang keragaman bangsa. Poster yang diciptakannya, berjudul “Harmoni Keragaman Bangsa,” menonjolkan desain visual dengan warna-warna cerah yang menarik perhatian. Ilustrasi dan tipografi yang unik dan kreatif menegaskan pesan harmoni dalam keragaman.

Foto: Karya foto Putu Wahyu Widnyana, peraih Juara I Lomba Fotografi

Foto: Karya poster Raina Wijaya, peraih Juara I Lomba Poster.

Dalam ajang seni bertaraf nasional ini tampak setiap kontingen bersaing ketat untuk meraih yang terbaik. Persaingan ditandai dengan semua juara dalam kategori lomba hampir habis dibagi rata oleh setiap kontingen. Para peserta lomba tampak berlomba penuh antusias. Setiap karya seni yang ditampilkan selalu menjadi magnet hingga menjadi hiburan menarik para undangan dan penonton.

Juara lomba diumumkan pada malam penutupan FKI+ XII 2023, Jumat, 27 Oktober 2023. Penghargaan juara diserahkan langsung oleh Rektor ISI Denpasar Prof. Dr. I Wayan ‘Kun’ Adnyana di Gedung Natya Mandala, ISI Denpasar.

Sepuluh mahasiswa ISI Denpasar dari pelbagai program studi meraih juara II dan III dalam semua tangkai lomba. Dari sebelas tangkai lomba, ISI Denpasar hanya nihil juara pada tangkai lomba Monolog. Mahasiswa peraih juara tersebut, yakni I Komang Aryawan (Juara II Lomba Melukis), I Putu Spencer Gunawan (Juara III Lomba Film Pendek Kategori Sutradara), I Wayan Gede Merta Junaedi (Juara 3 Lomba Tatah Kulit), Made Adi Wirya Darma (Juara II Lomba Sketsa Arsitektur), I Komang Pramudia Indraswara (Juara II Lomba Art Fashion), Ni Putu Marshella Shadika (Juara III Lomba Menyanyi Solo), Pande I Made Yudha Laksana, Dwi Marta Adi Suryantara dan Jazz Baldwin Parluhutan Situmoran (Juara III Music Kontemporer), serta Kadek Arisoma Linggayona (Juara III Tari Kontemporer Kategori Penata Musik).

Rektor ISI Denpasar Prof. Dr. I Wayan ‘Kun’ Adnyana mengapresiasi kegiatan lomba-lomba serangkaian FKI+ XII 2023. Dia menjelaskan, Perhelatan bertajuk “Samudra-Rakta-Samasta” (Bahari Daya Cipta Seni Kini), 24 – 27 Oktober 2023 di Bali, benar-benar telah menjadi wahana aktualisasi prestasi dan dedikasi seluruh Perguruan Tinggi Seni se-Indonesia. Prestasi ini tiada lain untuk meneguhkan dan memajukan seni-budaya Bangsa Indonesia. “Seluruh telah tersaji dan mewujud berderet adikarya anak bangsa. Semua ini akan selalu dikenang-dikabarkan kepada generasi mahasiswa seni Indonesia,” ujarnya. (ISIDps/Humas)

Foto: Karya foto mahasiswa peserta Lomba Fotografi yang dipamerkan pada penutupan FKI+ XII 2023.

Berita Terkini

Kegiatan

Pengumuman

Artikel

KOMERSIALISASI PADA SENI PERTUNJUKAN BALI

Kiriman : Dr. Kadek Suartaya, S.S.Kar., M.Si. Abstrak Dinamika zaman yang terkait dengan gelombang transformasi budaya memunculkan perkembangan, pergeseran dan perubahan terhadap sendi-sendi kehidupan masyarakat Bali. Spesialisasi pada suatu bidang tertentu melahirkan...

Loading...