KOMPOSISI GONG “SEMESTA” Karya: Dewa Alit (Sebuah Issue Tentang Jeritan Kreativitas Tanpa Henti )

Jun 22, 20222022, Artikel

Kiriman : I Wayan Diana Putra (Dosen Prodi Pendidikan Seni Pertunjukan FSP, ISI Denpasar)

Abstrak

Komposisi Gong Semesta karya Dewa Alit merupakan salah satu karyanya yang mengolah tungguhan gong.Korelasi antara seni dan issue sangatlah erat. Di dalam setiap karya seni pasti mengandung muatan issue. Hanya saja muatan issue pada setiap karya seni kadarnya berbeda-beda. Issue di dalam karya seni bisa ditangkap atau tidak. Tergantung dari kejelian dan kreativitas dari penikmat seni itu sendiri untuk mengungkap kandungan issue-nya. Biasanya orang yang sering membedah issue pada sebuah karya seni adalah kritikus. Setiap karya seni akan menimbulkan issue yang berbeda-beda tergantung dari sudut pandang yang dipakai oleh si pembedah issue tersebut.

Dalam karya seni issue sengaja diciptakan atau memang melekat begitu saja tanpa dengan sengaja diciptakan? Issue terkait dengan pewacanaan. Jika issue memang sengaja diciptakan lewat medium karya seni berarti ada keinginan dari komposernya untuk melahirkan pewacanaan terhadap hasil ekspresi estetisnya, ide, gagasan, ataupun pesan yang ingin disampikan (Apolloniac). Sedangkan jika sebuah karya secara tidak langsung mempunyai kandungan issue yang mampu diungkap oleh kritikus misalnya, hal ini termasuk ke dalam golongan karya seni dengan issue yang lahir tanpa sadar si penciptanya (Dyonisiac).

Selengkapnya dapat unduh disini

Agenda

August 2022
M T W T F S S
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

RSS REPOSITORY

  • SURAT PENCATATAN CIPTAAN Seni Ilustrasi: BERBUDI BAWA LEKSANA II
    Ni Putu, Darmara Pradnya Paramita and Made, Tiartini Mudarahayu (2022) SURAT PENCATATAN CIPTAAN Seni Ilustrasi: BERBUDI BAWA LEKSANA II. Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.
  • PREDATOR
    I Made, Sumantra (2022) PREDATOR. Working Paper. ISI Denpasar, Denpasar, Bali.
  • IMAGINE #1
    I Made, Sumantra (2022) IMAGINE #1. Working Paper. ISI Denpasar, Denpasar, Bali.
  • JANGER BALI
    I Made, Sumantra (2022) JANGER BALI. Working Paper. ISI Denpasar, Denpasar, Bali.
  • KESETIAAN
    I Made, Sumantra (2022) KESETIAAN. Working Paper. ISI Denpasar, Denpasar, Bali.

Event

Berita Terkait

Loading...