Rektor ISI Denpasar Sahkan 760 Mahasiswa Baru Kumandangkan Inovasi Pembelajar Pancasila

by | Sep 7, 2023 | Berita, Berita Kegiatan

Foto: Segenap pimpinan di lingkungan ISI Denpasar dan mahasiswa baru berfoto bersama dalam Sidang Terbuka Sabha Widya Mahardika (Pengesahan Mahasiswa Baru) 2023, Rabu (6/9)

Senat Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar gelar Sidang Terbuka Sabha Widya Mahardika (Pengesahan Mahasiswa Baru) 2023. Acara bertajuk Mahacitta Samudra Nusantara (Pengarung Cemerlang Indonesia) ini dilaksanakan di Gedung Citta Kalangen Lantai 3 ISI Denpasar, Rabu (6/9).

Sidang dibuka Ketua Senat ISI Denpasar, Dr. Ni Kadek Arsiniwati, SST., M.Si., dengan menghadirkan Duta Besar Luar Biasa Berkuasa Penuh RI untuk Kazakhstan dan Republik Tajikistan Dr. Mochammad Fadjroel Rachman, S.E., M.H., dan hadir secara daring Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Bapak Nezar Patria S.Fil., M.Sc., M.B.A. Selain itu juga hadir segenap pimpinan di lingkungan ISI Denpasar, Rektor ISI Denpasar Prof. Dr. I Wayan Adnyana, S.Sn., M.Sn. Sekretaris dan Anggota Senat ISI Denpasar, Wakil Rektor Bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni Dr. Drs. Anak Agung Gde Rai Remawa, M.Sn, Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan Dr. Drs. I Ketut Muka, M.Si, Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerjasama Prof. Dr. I Komang Sudirga, S.Sn., M.Hum, Kepala Biro Umum dan Keuangan Dr. I Gusti Ngurah Sudibya, SST., M.Sn, Kepala Biro Akademik, Kemahasiswaan, Perencanaan dan Kerjasama Dr. I Komang Arba Wirawan, S.Sn., M.Si, Dekan Fakultas Seni Pertunjukan Dr. I Ketut Garwa, S.Sn., M.Sn., Dekan Fakultas Fakultas Seni Rupa dan Desain Dr. A.A. Gde Bagus Udayana, S.Sn., M.Si, Koordinator Pusat Urusan Internasional Ni Putu Tisna Andayani, S.S., M.Hum. Hadir pula 11 (sebelas) Mahasiswa internasional peraih beasiswa Darmasiswa Republik Indonesia dan undangan lainnya.

Wakil Rektor Bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni Dr. Drs. Anak Agung Gde Rai Remawa, M.Sn, melaporkan mahasiswa yang disahkan merupakan mahasiswa yang berhasil lulus dalam Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPNB) melalui tiga jalur. Jalur dimaksud, yaitu Jalur Seleksi Nasional Berdasrkan Prestasi (SNBP), Jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Test (SNBT) dan jalur Seleksi Mandiri bagi program sarjana dan sarjana terapan. Total 760 program sarjana dan sarjana terapan yang tersebar di 14 Program Studi.

Rektor ISI Denpasar dalam sambutannya menyampaikan Sabha Widya Mahardika merupakan inagurasi pengesahan Mahasiswa baru ISI Denpasar.  Momen ini setara nilai dengan Wisuda Sarjana yang diselenggarakan pada akhir studi. Tema Mahacitta Samudra Nusantara yang pilih memiliki berlapis makna yang menjangkau spirit, itikad dan tekad, serta cita-cita seluruh mahasiswa baru. Dengan harapan mahasiswa menjadi Pembelajar Pancasila yang tangguh, dinamis, kritis, kreatif, sekaligus inovatif dalam bidang penciptaan, pengkajian, pendidikan, penyajian, dan kewirausahaan seni-budaya-desain. Setiap pribadi Mahasiswa merupakan sosok Pengarung bertalenta, yang sanggup mengarungi gelombang kompetisi inovasi, mengail ramuan ide-ide Nusantara, serta mencipta karya-karya cemerlang yang berkontribusi bagi kemajuan Bangsa Indonesia. “Sabha Widya Mahardika juga menjadi altar penghormatan sekaligus penyambutan seluruh Mahasiswa baru dan Mahasiswa Darmasiswa RI untuk seutuhnya menjadi keluarga besar Sivitas Akademika Institut Seni Indonesia Denpasar,” ujar rektor kelahiran Susut, Bangli ini.

Pada kesempatan itu, Rektor ISI Denpasar menyampaikan pula prestasi yang telah diraih Institut Seni Indonesia Denpasar, yakni berhasil memenangkan lima kategori Indikator Kinerja Utama (IKU) Perguruan Tinggi Negeri tingkat nasional, yaitu: pemenang Pertumbuhan IKU Terbaik PTN-Satker dan Posisi Tertinggi (Top 10 %) Liga PTN-Satker Seni. Tiga kategori lainnya, yakni penghargaan IKU 2 kategori persentase partisipasi mahasiswa terbanyak mendapat pengalaman di luar kampus; IKU 5 kategori hasil kerja dosen digunakan oleh masyarakat atau mendapat rekognisi internasional; dan IKU 6 kategori program studi bekerja sama dengan mitra kelas dunia. Selain itu, sebagai implementasi moto: Global-Bali Arts and Creativity Centre Hub (G-BACCH); Pusat Hub Kreativitas dan Seni Tingkat Global ISI Denpasar telah menandatangani nota kesepahaman berikut perjanjian kerja sama dengan berderet perguruan tinggi internasional bereputasi, diataranya bersama Universitas Western Australia, Studies Network Germany, Lembaga Akreditasi Internasional AQAS Germany, INTI International University Malaysia,

Rektor ISI Denpasar bersama seluruh pemangku dan pengelola ISI Denpasar komitmen memberi pelayanan akademik dan non-akademik secara prima, hingga bertemu pada momen bersejarah Wisuda Sarjana. Berbagai inovasi bidang pembelajaran Merdeka Belajar-Kampus Merdeka, sudah dibangun ISI Denpasar, setali dengan upaya strategis dalam pembenahan sistem, pengembangan kelembagaan, penguatan nomenklatur keilmuan seni dan desain, peningkatan kualitas sumber daya, penumbuhan ekosistem kerja sama dan kemitraan, penatawahanaan aktualisasi stratejik, serta proyeksi kebijakan pro pemajuan sarana-prasarana laboratorium, studio, dan perangkat teknologi digital baik perangkat lunak maupun keras.

Dubes Dr. Moh. Fadjroel Rachman dalam sambutannya, begitu bergembira menyaksikan pengesahan mahasiswa baru ISI Denpasar. Menurut mantan juru bicara Presiden RI Joko Widodo ini, bahwa mahasiswa baru ISI Denpasar adalah orang-orang terpilih dan beruntung. Berdasarkan data, hanya 6 (enam) persen dari 280 juta lebih penduduk Indonesia yang berkesempatan mengenyam pendidikan tinggi. “Keberuntungan ini datang dengan konsekuensi, jadi mahasiswa harus bekerja keras, membangun prestasi yang membanggakan bangsa Indonesia,” jelas Doktor lulusan Universitas Indonesia ini.

Dia menambahkan, kehidupan perguruan tinggi bak samudra luas yang harus diarungi, sesuai dengan tajuk acara Pengesahan Mahasiswa ISI Denpasar, Mahacitta Samudra Nusantara (Pengarung Cemerlang Indonesia). Badai dan gelombang akan hadir dalam perjalanan menuntut ilmu. “Saya meyakini kehadiran dosen akan menjadi penuntun dalam mengarungi samudra luas itu. Jangan takut dengan badai dan gelombang, dosen tentu akan menuntun sampai ke tujuan. Mari arahkan kapal menuju Indonesia Emas 2045,” ujarnya disambut tepuk tangan mahasiswa

Pada sesi mimbar ilmiah secara daring, Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Nezar Patria S.Fil., M.Sc., M.B.A menekankan bahwa mahasiswa harus mampu beradaptasi dengan cepat di era disrupsi teknologi digital. “Indonesia sebenarnya membutuhkan sembilan juta talenta digital pada tahun 2022-2023 yang meliputi lima ragam pekerjaan digital, yaitu Artificial Intelegent (Kecerdasan Buatan), Internet of Think, Data Analytic, Web Development, dan Big Data. Sesungguhnya dengan indeks masyarakat digital Provinsi Bali yang mencapai 54,7 persen, menunjukkan masyarakat Bali sudah siap mengahadapi perubahan iklim teknologi yang masif. Terdapat lebih dari 8,2 juta usaha kreatif di Indonesia yang didominasi usaha kuliner, fashion, dan kriya. Sementara, lima bidang yang berkembang paling pesat, yakni film, animasi, video, seni pertunjukan, dan desain komunikasi visual. Dunia seni era kini telah menggunakan elemen-elemen virtual immaterial. ISI Denpasar bersama seluruh talenta digital yang ada di dalamnya merebut dunia inovasi digital ini”.

Salah satu mahasiswa baru ISI Denpasar, Ni Putu Disha Nirmala yang ditemuai pada akhir acara mengatakan suatu kebanggan menjadi mahasiswa ISI Denpasar. Melanjutkan studi di prodi desain interior sudah menjadi cita-cita sejak duduk di bangku sekolah menengah. Gadis lulusan SMK Negeri 5 Denpasar ini berharap bisa mengembangkan passion desain dengan mengenyam pendidikan di ISI Denpasar. Dia juga berharap bisa menorehkan prestasi yang bisa membanggakan institusi ini. “Semoga dengan bergabung di ISI Denpasar, saya bisa mengembangkan bakat desain dan memberikan prestasi yang terbaik,” harapanya. Rara(ISIDps/Humas)

Foto: Rektor dan Senat ISI Denpasar berfoto bersama Duta Besar Luar Biasa Berkuasa Penuh RI untuk Kazakhstan dan Republik Tajikistan Dr. Mochammad Fadjroel Rachman, S.E., M.H. sebelum acara Sidang Terbuka Sabha Widya Mahardika (Pengesahan Mahasiswa Baru) 2023, Rabu (6/9).

Berita Terkini

Kegiatan

Pengumuman

Artikel

KOMERSIALISASI PADA SENI PERTUNJUKAN BALI

Kiriman : Dr. Kadek Suartaya, S.S.Kar., M.Si. Abstrak Dinamika zaman yang terkait dengan gelombang transformasi budaya memunculkan perkembangan, pergeseran dan perubahan terhadap sendi-sendi kehidupan masyarakat Bali. Spesialisasi pada suatu bidang tertentu melahirkan...

Loading...