SAMBUTAN REKTOR INSTITUT SENI INDONESIA DENPASAR

PROF. DR. I WAYAN ADNYANA, S.SN., M.SN.

Om Swastyastu,
Assalammualaikum Warahmatulahi Wabarrakatuh,
Salam Sejahtera,
Salom, Namo Budaya,
Rahayu.

Salam Indonesia Maju, semoga selalu dalam keadaan sehat dan rahayu,

Selamat datang di Website Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar,

Sebagai aktualisasi moto; Global-Bali Arts and Creativity Centre Hub (G-BACCH), telah dilakukan penataan pembangunan Website resmi Lembaga ISI Denpasar, dengan berbagai penyesuaian konten, dan kreasi secara inovatif terkait tata layout dan desain perwajahan agar lebih memikat. Termasuk menyampaikan informasi, pengumuman, publikasi, dan layanan akademik-nonakademik, kemahasiswaan, serta kepegawaian secara patut, faktual, bernas, dan terpercaya. Berikut ditata dengan menggunakan trilingual: Bahasa Bali, Indonesia, dan Inggris, yang peluncurannya seturut pemaknaan sekaligus perayaan Dies- Natalis ISI Denpasar XVIII, 2021.

ISI Denpasar secara resmi berdiri pada 28 Juli 2003, lahir, tumbuh, dan berkembang seiring dinamika dan upaya penguatan kelembagaan, serta pemajuan nomenklatur keilmuan seni yang terus berjalan. Sejak berstatus Akademi Seni Tari Indonesia (ASTI) pada 1967, meningkat menjadi Sekolah Tinggi Seni Indonesia (STSI), 1992, lembaga pendidikan tinggi seni ini konsisten pada dedikasi untuk menyebarkan spirit ke-Indonesiaan, berbasis kearifan lokal, sekaligus berwawasan universal, dan berdayasaing global.

Mewujudkan profil lulusan yang tangguh, berjiwa Pancasila, dinamis, kritis, kreatif, dan inovatif dalam bidang penciptaan, pengkajian, pendidikan, penyajian, dan kewirausahaan seni-budaya dan desain, ISI Denpasar dalam lima bulan terakhir telah dan sedang melakukan upaya-upaya strategis pembenahan sistem, pengembangan kelembagaan, penguatan nomenklatur keilmuan seni dan desain, peningkatan kualitas sumber daya, serta membangun pola aktualisasi stratejik. Pembenahan sistem mencakup dinaminasi, kreativitas, dan inovasi dalam seluruh layanan administrasi, penguatan zona integritas, keterbukaan informasi, reformasi birokrasi, dan juga pembangunan pola kinerja yang terencana, terukur, dan dengan capaian yang mengacu pada standar-standar yang telah ditetapkan. Pembenahan sistem, juga dibarengi dengan ikrar, komitmen, dan militansi untuk menjadikan ISI Denpasar sebagai Pusat Unggulan Pemajuan Seni-Budaya berakar kearifan lokal, berdaya saing global, berbasis Merdeka Belajar-Kampus Merdeka.

Pengembangan sistem pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat dilakukan dengan pembenahan kurikulum secara fundamental, yakni merumuskan kurikulum Merdeka Belajar-Kampus Merdeka ISI Denpasar berbasis Program Studi, yang relevan, bermutu, dan berdaya saing. Proses perumusan kurikulum telah dilakukan dengan melibatkan 61 orang unsur maestro, seniman-desainer, profesional, dan juga tokoh pendidikan tinggi. Kurikulum Merdeka Belajar-Kampus Merdeka ISI Denpasar, Astungkara, akan kita berlakukan menyeluruh mulai Semester Gasal 2021/2022 ini. Selain pemberlakukan kurikulum baru, untuk memastikan layanan pendidikan kepada mahasiswa berjalan semakin prima, sejak lima bulan terakhir pula, pelibatan maestro, seniman, profesional, dan tokoh berpengaruh dunia pendidikan telah dilaksanakan melalui skema dosen tamu dan dosen mengajar, bahkan secara simultan telah mengundang 60 nama bereputasi sebagai dosen tamu pada 12 Program Studi S1/D4.

Pengembangan kelembagaan, sedang dalam pembahasan dan perumusan usulan perubahan nama ISI Denpasar menjadi ISI Bali; tindaklanjut arahan Kemdikbudristek RI dalam peningkatan sistem tata kelola dari Satuan Kerja menuju Badan Layanan Umum. Pengembangan kelembagaan juga dibarengi pengajuan usulan OTK baru yang lebih fungsional, strategis, dan relevan. Pengembangan kelembagaan juga inheren dengan penguatan nomenklatur keilmuan seni dan desain dengan mengusulkan penambahan bidang ilmu media kreatif dan tata kelola digital seni. Hal ini diimplementasikan melalui pengusulan Program Studi baru yaitu: bidang animasi, desain produk, teater, tata kelola digital seni, pendidikan seni rupa, dan magister pendidikan seni. Pendirian Program Studi baru ini, nantinya akan menyempurnakan keberadaan 12 Program Studi S1/D4 yang telah ada sekarang, yaitu Tari, Seni Karawitan, Seni Pedalangan, Pendidikan Seni Pertunjukkan, Musik, Seni Murni, Kriya, Desain Interior, Desain Komunikasi Visual, Fotografi, Desain Mode, serta Produksi Film dan TV, berikut melengkapi 3 Program Studi pasca sarjana yaitu: S2 Seni, S2 Desain, dan S3 Seni.

Program peningkatan pembangunan Sumber Daya Manusia, menyangkut dosen dan tenaga kependidikan (baik fungsional lainnya, maupun staf administrasi) dilaksanakan secara berkelanjutan, demi mencapai kualitas SDM yang unggul, profesional, berintegritas, dan juga melayani. Telah mulai diselenggarakan skema kompetisi penelitian disertasi doktor, keluaran publikasi jurnal ilmiah internasional bereputasi, keluaran Kekayaan Intelektual, dan keluaran buku nasional. Skema kompetisi ini, selain memacu sikap kompetitif, juga secara langsung menjawab Indikator Kinerja Utama (IKU) ISI Denpasar.

Terkait layanan penguatan kualitas SDM, telah didirikan Sentra Kekayaan Intelektual Widya Kerti Mahardika ISI Denpasar bekerjasama dengan KanwilKumHam Provinsi Bali. Usulan ISI Denpasar sebagai lembaga sertifikasi Pakerti dan AA juga telah disetujui Kemdikbudristek, sehingga layanan sertifikasi kompetensi bidang pengajaran ini dapat diselenggarakan secara mandiri, termasuk bersiap untuk memberikan layanan kepada dosen dari Perguruan Tinggi yang lain.

Pola aktualisasi stratejik, dilakukan dengan kebijakan penataan publikasi dengan konten-konten bermutu dan lebih substantif, yakni sosialisasi pada pengarusutamaan capaian kinerja yang berorientasi penguatan dan pemajuan pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat dalam segala bentuk baik secara mandiri maupun kerjasama dan kemitraan. Pola aktualisasi stratejik juga mewujud dalam pelembagaan wahana diseminasi Tri Dharma Perguruan Tinggi berskala nasional dan internasional, yang konsisten, progresif, berkualitas, bereputasi, sekaligus berkelanjutan. Festival Internasional Bali Padma Bhuwana didedikasikan sebagai wahana diseminasi skala Internasional; dan Bali Sangga Dwipantara sebagai ruang diseminasi skala Nasional. Pola aktualisasi stratejik juga dilakukan dengan penataan Website ISI Denpasar secara profesional dan berstandar mutu pengelolaan website Perguruan Tinggi yang berkualitas.

Harapanya dengan penataan konten, layout, perwajahan, dan penggunaan tiga Bahasa (Bali, Indonesia, dan Inggris) keberadaan Website ISI Denpasar tidak saja fungsional sebagai wahana layanan digital, tetapi juga sebagai representasi karakter dan jatidiri ISI Denpasar secara kelembagaan.

Selamat atas diluncurkannya Website Trilingual ISI Denpasar.

Om Shanti, Shanti, Shanti, Om

Denpasar, 28 Juli 2021

REKTOR,

Prof. Dr. I WAYAN ADNYANA

NIP. 197604042003121002

Loading...