SENI MURAL SEBAGAI PEMBENTUK FOCAL POINT PADA PERANCANGAN INTERIOR

Jun 8, 20222022, Artikel

Kiriman : Ni Luh Kadek Resi Kerdiati (Program Studi Desain Interior Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Seni Indonesia Denpasar)

ABSTRAK

Mural merupakan seni lukis atau gambar pada media yang luas dan permanen. Digunakan sebagai sebuah alat komunikasi visual yang awalnya berfungsi sebagai media untuk menyuarakan berbagai kritik atau pesan politik, sosial, simbol solidaritas, atau berbagai isu yang tengah ada di masyarakat. Oleh karena fungsinya tersebut, seni mural umumnya dibuat pada fasilitas-fasilitas publik yang mudah dilihat publik. Keberadaaan mural diketahui telah ada sejak zaman prasejarah dan terus mengalami perkembangan seiring kemajuan zaman. Saat ini, seni mural tak hanya digunakan sebagai media penyampai pesan yang dibuat pada ruang publik, tetapi seni ini juga dapat digunakan untuk membentuk sebuah focal point pada perancangan interior. Dalam dunia perancangan interior sendiri, penggunaan prinsip focal point ini dimaksudkan untuk menghidupkan suasana ruang agar tidak terkesan hambar, statis, kurang menarik, dan membosankan. Melalui kajian beberapa sumber pustaka akan dibahas mengenai penerapan mural dalam bangunan publik maupun private, sehingga nantinya mampu menambah wawasan serta informasi mengenai seni mural dalam perancangan interior.

Kata Kunci : mural, focal point, interior

Selengkapnya dapat unduh disini

Agenda

August 2022
M T W T F S S
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

RSS REPOSITORY

  • SURAT PENCATATAN CIPTAAN Seni Ilustrasi: BERBUDI BAWA LEKSANA II
    Ni Putu, Darmara Pradnya Paramita and Made, Tiartini Mudarahayu (2022) SURAT PENCATATAN CIPTAAN Seni Ilustrasi: BERBUDI BAWA LEKSANA II. Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.
  • PREDATOR
    I Made, Sumantra (2022) PREDATOR. Working Paper. ISI Denpasar, Denpasar, Bali.
  • IMAGINE #1
    I Made, Sumantra (2022) IMAGINE #1. Working Paper. ISI Denpasar, Denpasar, Bali.
  • JANGER BALI
    I Made, Sumantra (2022) JANGER BALI. Working Paper. ISI Denpasar, Denpasar, Bali.
  • KESETIAAN
    I Made, Sumantra (2022) KESETIAAN. Working Paper. ISI Denpasar, Denpasar, Bali.

Event

Berita Terkait

Loading...