Komik Wayang; Transformasi Teks Verbal ke Dalam Bahasa Rupa

Nov 30, 2020 | 2020, Artikel

Kiriman : I Wayan Nuriarta (Jurusan Desain Komunikasi Visual, Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Seni Indonesia Denpasar)           

Abstrak

Raden Ahmad Kosasih yang lahir di Bogor adalah seorang komikus yang terkenal dengan membuat komik wayang, keberhasilannya membawa epos Mahabharata ke dalam media buku komik. Membaca komik wayang seperti komik Mahabharata tentu sangat penting karena makna cerita yang terkandung di dalamnya. Teks-teks cerita yang berupa narasi dalam Bagawad Gita telah dijadikan gambar-gambar dalam bentuk komik oleh R.A Kosasih. Kosasih telah melakukan transformasi teks. Istilah transformasi adalah “perubahan”, yaitu perubahan terhadap sesuatu atau keadaan. Jika dikaitkan dengan cerita pewayangan yang awalnya adalah naskah cerita menjadi komik, maka istilah transformasi diartikan sebagai pemunculan, pengambilan atau pemindahan unsur-unsur pewayangan (unsur alur, unsur penokohan dan unsur latar) yang berupa narasi cerita Mahabharata menjadi sebuah gambar ilustrasi pada panelpanel komik.

Kata Kunci: Komik Wayang, Kosasih, Tranformasi, Teks

Selengkapnya dapat unduh disini

           

Berita Terkini

Kegiatan

Pengumuman

Artikel

KOMERSIALISASI PADA SENI PERTUNJUKAN BALI

Kiriman : Dr. Kadek Suartaya, S.S.Kar., M.Si. Abstrak Dinamika zaman yang terkait dengan gelombang transformasi budaya memunculkan perkembangan, pergeseran dan perubahan terhadap sendi-sendi kehidupan masyarakat Bali. Spesialisasi pada suatu bidang tertentu melahirkan...

Loading...