Implementasi Kemajuan Teknologi Informasi Seni Pada Proses Rekaman Musik Ilustrasi Minimalis

Mar 7, 2013 | Artikel, Berita

Pendahuluan

Kiriman: I Nengah Rata Artana ( Mahasiswa Program Pascasarjana ISI Denpasar )

Dari masa ke masa manusia seakan-akan dipermudah untuk melakukan apa saja, karena pesatnya kehadiran berbagai sarana teknologi. Semua sarana tersebut memang memanjakan manusia sebagai pemakai dan sekaligus pencipta teknologi. Berbagai macam istilah untuk menyebutkan kehadiran teknologi yang semakin maju antara lain apa yang disebut seni media baru di era digital.

Tidak ketinggalan pula, teknologi yang semakin maju juga dibutuhkan oleh para pelaku seni, baik seniman muda maupun tua di berbagai aliran seni. Tujuan penggunaan teknologi yang berkaitan dengan seni karawitan/musik ini mempunyai beberapa alasan, dengan segala aspek positif dan negatif akibat adanya penggunaan teknologi tesebut. Selanjutnya pada tugas ini akan dibahas beberapa hal yang berkaitan dengan implementasi TI seni pada bidang seni musik atau karawitan. Sub pokok bahasannya adalah sebagai berikut : (1) bagaimana proses perekaman musik Bali ilustrasi minimalis yang melibatkan teknologi digital dengan bantuan program MIDI, (2) apa keunggulan teknologi digital dalam kaitannya dengan proses komposisi musik minimalis.

Foto Implementasi Kemajuan Teknologi Informasi Seni

Selengkapnya dapat di unduh disini

 

Berita Terkini

Kegiatan

Pengumuman

Artikel

KOMERSIALISASI PADA SENI PERTUNJUKAN BALI

Kiriman : Dr. Kadek Suartaya, S.S.Kar., M.Si. Abstrak Dinamika zaman yang terkait dengan gelombang transformasi budaya memunculkan perkembangan, pergeseran dan perubahan terhadap sendi-sendi kehidupan masyarakat Bali. Spesialisasi pada suatu bidang tertentu melahirkan...

Loading...