Mahasiswa Prodi DKV ISI Denpasar Ikuti Workshop Mural Teknik Stensil

Oct 17, 2023 | Berita, Berita Kegiatan

Foto: Juliette Viode dalam workshop mural teknik stensil di Gedung Citta Hasta Mandala Lantai 3, ISI Denpasar, (5/10).

Mahasiswa Program Studi (Prodi) Desain Komunikasi Visual (DKV), Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD), Seni Indonesia (ISI) Denpasar mengikuti workshop mural teknik stensil. Workshop digelar oleh seniman mural dan ilustrator asal Irlandia, Juliette Viode di Gedung Citta Hasta Mandala Lantai 3, ISI Denpasar, Kamis, 5 Oktober 2023.

Juliette Viode merupakan seniman street art yang tergabung dalam agensi seni Street Art Ink. Dia mengatakan Kedutaan Besar Irlandia untuk Indonesia meminta agensinya untuk mengirim seorang seniman mural untuk melaksanakan proyek kolaborasi dengan ISI Denpasar. Kolaborasi ini dalam bentuk workshop dan pembuatan mural bersama mahasiswa. “Saya dihubungi oleh agensi saya untuk datang ke Bali dan melakukan projek kolaborasi ini,” ungkapnya.

Juliette menyampaikan materi pembuatan mural dengan teknik stensil. Teknik ini dilakukan menggunakan cetakan sebagai alat utamanya. Cetakan dibuat dengan kertas yang telah digambari pola dan dilubangi menggunakan cutter. Dia menjelaskan, mahasiswa harus menyiapkan beberapa lapisan stensil untuk pola dengan lebih dari satu warna. Sehingga warna pada pola tidak akan tercampur saat proses pewarnaan dengan cat semprot. “Teknik stensil sangat bagus diaplikasikan oleh pemula di bidang mural,” ungkap seniman lulusan Ballyfermot College of Further Education ini.

Mahasiswa Prodi DKV mengikuti workshop dengan antusias. Mereka bekerja dalam kelompok yang terdiri dari 4 orang membuat berbagai desain stensil bertema laut yang sebelumnya telah disepakati. Desain, antara lain hiu, paus, rumput laut, terumbu karang, dan lain sebagainya. Mahasiswa menggambar desain pada kertas dan melubangi dengan cutter.

Juliette mengajak mahasiswa untuk langsung mencoba stensil yang sudah dibuat di tembok yang terletak di seberang Gedung Prodi Desain Mode, FSRD, ISI Denpasar. Stensil tersebut ditempelkan di tembok dan disemprot dengan cat pada bagian yang telah dilubangi. Mahasiswa secara bergantian menempel stensil buatan mereka dan mewarnai dengan cat semprot yang sudah disediakan. Mahasiswa mengaku sangat bersemangat bisa mengikuti workshop ini. Mereka baru pertama kali mencoba membuat mural dengan teknik stensil. Meski memerlukan kesabaran dalam proses pelubangan desain stensil, mereka merasa cukup puas dengan karya mural ini. (ISIDps/Humas)

Foto: Mahasiswa Prodi DKV membuat mural dengan teknik stensil di tembok—- Gedung Fakultas Seni Rupa dan Desain, ISI Denpasar, (5/10)

Berita Terkini

Kegiatan

Pengumuman

Artikel

KOMERSIALISASI PADA SENI PERTUNJUKAN BALI

Kiriman : Dr. Kadek Suartaya, S.S.Kar., M.Si. Abstrak Dinamika zaman yang terkait dengan gelombang transformasi budaya memunculkan perkembangan, pergeseran dan perubahan terhadap sendi-sendi kehidupan masyarakat Bali. Spesialisasi pada suatu bidang tertentu melahirkan...

Loading...