ISI Denpasar (Bali) Siap Gelar Festival Kesenian Indonesia+ XII Tahun 2023

Oct 24, 2023 | Berita, Berita Kegiatan

INSTITUT Seni Indonesia (ISI) Denpasar (Bali) telah merampungkan seluruh persiapan sebagai tuan rumah perhelatan Festival Kesenian Indonesia+ XII Tahun 2023 (FKI+XII 2023). Festival bertajuk Samudra-Rakta- Samasta (Bahari Daya Cipta Seni Kini) akan dibuka oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Anwar Makarim. B.A., M.B.A., Rabu, 25 Oktober 2023.

FKI merupakan kegiatan ‘biennale’ yang digelar setiap dua tahun sekali di bawah naungan Badan Koordinasi Perguruan Tinggi Seni (BKPTS) Indonesia. Festival seni-desain prestisius ini bertujuan untuk memperkuat ikatan persaudaraan di antara perguruan tinggi seni se Indonesia melalui kolaborasi pertunjukan, pameran, seminar, dan workshop.

Rektor ISI Denpasar Prof. Dr. I Wayan ‘Kun’ Adnyana mengungkapkan penyelenggaraan FKI tahun ini agak berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Tidak hanya melibatkan perguruan tinggi seni di Indonesia, FKI di ISI Denpasar terkhusus menghadirkan perguruan tinggi seni dunia. Secara praktis kegiatan ini akan melibatkan sembilan perguruan tinggi seni di Indonesia, yaitu ISBI Aceh, ISI Padang Panjang, ISBI Bandung, IKJ Jakarta, ISI Yogyakarta, ISI Surakarta, STKW Surabaya, ISI Denpasar, ISBI Papua. Tujuh perguruan tinggi dunia, yakni Okinawa Prefectural University of Arts, ASWARA Malaysia, Phetchaburi Rajabhat University, University of Western Australia, Bydgoszcz University of Science and Technology, National University of Singapore, dan Nanyang Academy of Fine Arts (NAFA). “Perhelatan tahun ini merupakan FKI+, plus (+) karena ISI Denpasar turut melibatkan sejumlah perguruan tinggi dunia,” ungkap Prof Kun Adnyana.

Foto: Perahu cadik yang akan ditampilan dalam Pergelaran Samudra Rakta Samasta pada malam pembukaan Festival Kesenian Indonesia+ XII Tahun 2023, Rabu (25/10).

Jelas Prof Kun Adnyana, FKI+ XII 2023 akan berkolaborasi dengan maestro, seniman, desainer, serta pelaku seni profesional. ISI Denpasar berkomitmen untuk menggelar FKI+ XII 2023 sebagai wahana aktualisasi atas prestasi dan martabat Perguruan Tinggi Seni se-Indonesia. Perhelatan ini juga sebagai wadah untuk merayakan sekaligus memuliakan praktik, wacana, dan capaian kekaryaan seni-desain terkini dari mahasiswa, dosen, dan tenaga kependidikan terpilih. “Ruang kreatif dan aktivitas FKI+ XII 2023 ini dirancang sebagai representasi keunggulan intelektual dan perkembangan kreativitas di masing-masing perguruan tinggi seni yang ada di Indonesia,” ujarnya.

Foto: Galdi kotor Pergelaran Kolosal Samudra Rakta Samasta menyongsong pembukaan FKI+XII 2023, Senin (23/10).

Adapun program yang akan diselenggarakan dalam FKI+ XII 2023 pada 24 – 27 Oktober 2023, yakni Kalang Kalangon Kawikon (Pergelaran), Rong Rupa Rakta (Pameran Seni Rupa-Desain), Parama Patra Pawimba (Lomba Nasional), Dharma Waskita Dwipantara (Seminar Internasional), Lampah Laku Lelangit (Workshop Maestro), Sastra Desa Mawacara (Jelajah Budaya), Pasamuan Maestro Nusantara (Diskusi Terpumpun Maestro), dan Bali-Bhuwana Adhikarya (Global-Bali Job Fair and Expo). (ISIDps/Humas)

Berita Terkini

Kegiatan

Pengumuman

Artikel

KOMERSIALISASI PADA SENI PERTUNJUKAN BALI

Kiriman : Dr. Kadek Suartaya, S.S.Kar., M.Si. Abstrak Dinamika zaman yang terkait dengan gelombang transformasi budaya memunculkan perkembangan, pergeseran dan perubahan terhadap sendi-sendi kehidupan masyarakat Bali. Spesialisasi pada suatu bidang tertentu melahirkan...

Loading...