Koster dan Goenawan Muhamad Raih Penghargaan Prestisius ISI Denpasar

Aug 2, 2024 | Berita, Berita Kegiatan

Foto: Penyerahan penghargaan Bali-Bhuwana Nata Kerthi Nugraha di Gedung Citta Kelangen ISI Denpasar, Selasa (30/7)

Serangkaian Bali Padma Bhuwana IV, ISI Denpasar menganugerahkan penghargaan tertinggi Bali-Bhuwana Mahottama Nugraha dan penghargaan internasional Bali-Bhuwana Nata Kerthi Nugraha. Kedua penghargaan ini merupakan bentuk penghormatan ISI Denpasar kepada tokoh yang memiliki kontribusi, dedikasi, prestasi, reputasi, dan pengabdian luar biasa dalam pemajuan seni, desain, dan budaya, serta pendidikan tinggi.

Penghargaan yang dianugerahkan serangkaian Dies Natalis XXI, Selasa (30/7), diberikan kepada tokoh bereputasi dari Indonesia dan luar negeri. Pada penghargaan tahun ini terpilih hanya seorang untuk penerima penghargaan Bali-Bhuwana Mahottama Nugraha dan 7 penerima Bali-Bhuwana Nata Kerthi Nugraha.

Foto: Penyerahan penghargaan Bali-Bhuwana Mahottama Nugraha di Gedung Citta Kelangen ISI Denpasar, Selasa (30/7)

Penghargaan Bali-Bhuwana Mahottama Nugraha Tahun 2024 disematkan kepada Gubernur Bali Periode 2018-2023 Dr. Wayan Koster. Untuk penghargaan Bali-Bhuwana Nata Kerthi Nugraha Tahun 2024 diberikan kepada budayawan-sastrawan Goenawan Mohamad; tokoh pendidikan tinggi Prof. Nizam; maesenas seni dan mitra MBKM internasional ISI Denpasar sekaligus Konsul Kehormatan Indonesia untuk Polandia Mirosław Wawrowski; kritikus sastra Indonesia, guru besar Hankuk University Korea Selatan Prof. Koh Young Hun; Maestro Seni Pertunjukan Bali Ni Nyoman Tjandri; Maestro Tari Indonesia Retno Maruti, dan perupa Bali bereputasi Made Sudibia.

“Bapak Wayan Koster berkontribusi dalam pemajuan seni, desain, dan budaya Bali. Terbukti, telah terbentuk kebijakan dan regulasi fundamental tentang pemajuan desa adat, bahasa, aksara, serta sastra Bali, dan kebudayaan. Ketujuh penerima Bali-Bhuwana Nata Kerthi Nugraha 2024 memiliki reputasi luar biasa bagi Bali, Indonesia, dan dunia. Berlimpah ketauladanan dan kecemerlangan capaian yang dapat dijadikan studi bagi dunia pendidikan tinggi seni,” jelas Wakil Rektor Bidang Umum ISI Denpasar Dr. I Ketut Muka, mewakili tim juri.

Berita Terkini

Kegiatan

Pengumuman

Artikel

KOMERSIALISASI PADA SENI PERTUNJUKAN BALI

Kiriman : Dr. Kadek Suartaya, S.S.Kar., M.Si. Abstrak Dinamika zaman yang terkait dengan gelombang transformasi budaya memunculkan perkembangan, pergeseran dan perubahan terhadap sendi-sendi kehidupan masyarakat Bali. Spesialisasi pada suatu bidang tertentu melahirkan...

Loading...