Kiriman: I Ketut Baskara Program Studi Desain Komunikasi Visual Jurusan Desain ISI Denpasar
I. T-Shirt
Pada sub ini mahasiswa akan membahas tentang visualisasi desain pembuatan media promosi T-Shirt yang digunakan sebagai salah satu media komunikasi visual sebagai sarana promosi Aromas Café di Jalan Legian Kuta-Bali.
Unsur Visual Desain
1. Bentuk Fisik
Bentuk fisik dari media t-shirt ini adalah menyerupai huruf T.
2. Ilustrasi
Dalam desain media t-shirt ini, ilustrasi yang dipergunakan adalah ilustrasi sayur-sayuran dan logo Aromas Cafe yang dimaksudkan untuk memberi kesan simple. Diharapkan nantinya pesan dan kesan yang ingin disampaikan kepada masyarakat dapat tersampaikan.
3. Teks
Desain media spanduk ini menggunakan teks berupa slogan “healthy vegetarian cuisine“, dimana memberikan informasi kepada masyarakat bahwa di Aromas Café menyediakan masakann vegetarian yang menyehatkan.
4. Huruf / Typografi
Desain media promosi ini menggunakan dua jenis huruf atau typografi, yaitu: Vivaldi, serta Arial. Jenis tipografi tersebut diatas dikomposisikan menurut ukuran dan keseimbangan guna mendapatkan kesatuan serta ritme yang tepat dimana nantinya dapat memberikan keseimbangan informasi yang dinamis.
5. Warna
Dalam desain t-shirt ini menggunakan warna kuning kehijauan. Warna ini dipilih berdasarkan salah satu konsep dari perancangan media ini karena merupakan salah satu warna yang menggambarkan alam dan sayuran.
6. Bahan
Desain media t-shirt ini menggunakan bahan kain cotton.
7. Teknik Cetak
Untuk mewujudkan media t-shirt ini menggunakan teknik cetak sablon.
Kreatif Desain
Kreatif desain merupakan proses kreatif yang terdiri dari layout/gambar kasar dan gambar detail, serta mempertimbangkan indikator serta unsur-unsur desain dan bobot penilain desain sebagai acuan desain terpilih. Dalam proses kreatif desain t-shirt ini, dibuat 3 alternatif desain.
Desain t-shirt ini dipilih karena jika dibandingkan dengan 2 alternatif desain yang lainnya, tata letak dan ilustrasi dalam desain ini dianggap lebih simple sehingga informasi yang disampaikan lebih cepat tersampaikan, lebih banyak memenuhi kriteria desain serta paling sesuai dengan konsep perancangan yang digunakan yaitu “natural”. Teks yang digunakan dalam desain ini berupa slogan promosi yang singkat, jelas dan informatif. (untuk lebih jelasnya lihat lampiran)
Tampilan Desain
Dari hasil alternatif desain, dapat ditampilkan desain terpilih sebagai berikut:
Nama Media : T-Shirt
Ukuran : S (small), M (medium), L (large), XL(Xtra Large)
Bahan : Kain Cotton Combed 20 S
Huruf : Vivaldi, Arial
Teknik : Cetak sablon
Dalam desain media promosi t-shirt ini, ilustrasi yang dipergunakan adalah sayuran dan logo Aromas Cafe yang dimaksudkan untuk memberi kesan simple. Diharapkan nantinya pesan dan kesan yang ingin disampaikan kepada masyarakat dapat tersampaikan.
T-Shirt dan Daftar Menu sebagai Sarana Promosi Aromas Café Di Legian Kuta Bali Selengkapnya